PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GUNUNG SARI II MAKASSAR

RAHMAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GUNUNG SARI II MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (54kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (50kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.rtf

Download (271kB)
[img] Text
MOTO.docx

Download (16kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
Lampiran 28.docx

Download (19MB)

Abstract

Rahmawati. 2016.Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gunung Sari II Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed dan Dr. Latang, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Gunung Sari II Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari II Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari II Makassar melalui model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran snowball throwing dan hasil belajar yang diperoleh dari hasil evaluasi setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari II sebanyak 23 siswa yang terdiri atas 9 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan dan seorang guru. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai guru dan guru kelas V SD Negeri Gunung Sari sebagai observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I, baik pertemuan I maupun pertemuan II masih menunjukkan kategori cukup dan siklus II pada pertemuan I dan pertemuan II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa siklus I pada kedua pertemuan berada pada kategori cukup dan pada siklus II baik pertemuan I maupun pertemuan II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dari kualifikasi sedang pada siklus I menjadi kualifikasi tinggi pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari II Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:57
Last Modified: 24 Nov 2023 08:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34787

Actions (login required)

View Item View Item