PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNGLOE KABUPATEN BULUKUMBA

PAHMI RUSADI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNGLOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
HASIL PENELITIAN koper nya.docx

Download (53kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI - Copy.docx

Download (23kB)
[img] Text
sudah perbaikan.docx

Download (2MB)

Abstract

PAHMI RUSADI, 2016. Penarapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SD Negeri I4 Babana Kecamatan Ujung loe Kabupaten Bulukumba Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri Aras, S.Pd, M.Pd dan Hikmawati Usman, S.Pd, M.Pd. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 14 Babana Kacamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan kewarganegaraan Kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas bersiklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan hasil belajar. Setting dalam penelitian ini adalah SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba tahun ajaran2016-2017. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV dan siswa kelas IV SD sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini terdiri dari indikator proses dan hasil pembelajaran. Aktivitas guru untuk siklus I berada pada kategori cukup, aktivitas siswa masuk pada kategori cukup, dan hasil belajar berada pada kategori cukup. Sedangkan siklus II aktivitas guru berada pada kategori baik, aktivitas siswa masuk pada kategori baik dan hasil belajar siswa berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:46
Last Modified: 24 Nov 2023 08:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34786

Actions (login required)

View Item View Item