PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNGLOE KABUPATEN BULUKUMBA

LINDA YULIANA HELA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNGLOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
SAMPUL AWAL 2 .docx

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB 1-3 baru.docx

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1-12.docx

Download (401kB)
[img] Text
LAMPIRAN 13-16.docx

Download (312kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (55kB)

Abstract

Linda Yuliana Hela, 2016 : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada siswa kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe. Skripsi dibimbing oleh Drs. Latri,S.Pd, M.Pd dan Hikmawati Usman, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba ? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1 orang guru dan siswa kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe dengan jumlah siswa 29 orang siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktifitas siswa maupun guru dan hasil belajar siswa.peningkatan tersebut dapat dilihat pada siklus I aktifitas guru pada kategori Cukup (C), aktifitas Siswa berada pada kategori Cukup (C) dan hasil belajar siswa pada kategori Cukup (C). Pada siklus II aktifitas guru berada pada kategori Baik (B), aktifitas siswa berada pada kategori Baik (B) dan pada hasil belajar siswa berada pada kategori Baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:40
Last Modified: 24 Nov 2023 07:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34778

Actions (login required)

View Item View Item