PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

MARNI SUSANTY RIHINAWA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
COVERKU.docx

Download (31kB)
[img] Text
daftar isi.docx

Download (105kB)
[img] Text
Proposal mantap.docx

Download (1MB)

Abstract

Marni S. Rihi Nawa, 2016. Penerapan Model Pembelajaran koperatif tipe kancing gemerincing dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Skripsi ini dibimbing oleh Drs. Latri, S.Pd.,M.Pd dan Hikmawati Usman, S.Pd.,M.Pd. Pada program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalah ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran koperatif tipe kancing gemerincing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran koperatif tipe kancing gemerincing dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran koperatif tipe kancing gemerincing dan hasil belajar siswa. Setting dan subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 29 siswa SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba yang terdiri dari 13 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu melalui observasi, tes dan dokumentasi dan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II aktivitas mengajar guru dikategorikan baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik, sehingga akan berdampak pada hasil belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup sedangkan pada siklus II dikategorikan baik sekali. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koperatif tipe kancing gemerincing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:14
Last Modified: 24 Nov 2023 07:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34775

Actions (login required)

View Item View Item