YUNITA EKA PUTRI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNGLOE KABUPATEN BULUKUMBA YUNITA EKA PUTRI.
Text
Bagian Depan.docx Download (66kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (47kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
lampiran.docx Download (1MB) |
Abstract
YUNITA EKA PUTRI. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Skripsi dibimbing oleh Drs. Latri, S.Pd, M.Pd. dan Hikmawati Usman,S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan seluruh siswa kelas V SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 8 orang perempuan, yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dan hasil belajar matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan hasil penelitian yaitu pada siklus I aktivitas mengajar guru dan siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok berada pada kategori cukup dan rata-rata hasil belajar matematika berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yakni mencapai kategori baik dan rata-rata hasil belajar matematika meningkat dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 06:46 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 06:46 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34773 |
Actions (login required)
View Item |