PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 183 GARANTA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

BRIAN JUNED SEPTORY (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 183 GARANTA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
a. COVER SKRIPSI.docx

Download (25kB)
[img] Text
b. SKRIPSI BAGIAN AWAL.docx

Download (72kB)
[img] Text
c. SKRIPSI BAGIAN ISI.docx

Download (5MB)

Abstract

BRIAN JUNED SEPTORY, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Penulisan skripsi ini di bimbing oleh Drs. Lutfi B M, Kes selaku pembimbing I dan Andi Dewi Riang Tati. S.Pd M.Pd selaku pembimbing II Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Talking stick dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 183 Garanta kecamatan Ujung Loe kabupaten Bulukumba?. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan model pembelajaran Talking stick pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 183 Garanta kecamatan Ujung Loe kabupaten bulukumba. Pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan sisea kelas IV SD Negeri 183 Garanta kecamatan Ujung Loe kabupaten Bulukumba, dengan jumlah siswa 37 orang, terdiri dari 15 orang perempuan dan 22 laki-laki. Rancangan tindakan yang di lakukan terdiri atas dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas guru dan siswa berada pada kategori cukup (C), siklus II kategori baik (B).siswa yang ketuntasan hasil belajarnya pada siklus I di kategorikan cukup (C) dan pada siklus II siswa yang tuntas hasil belajarnya meningkat dengan kategori baik (B). kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 183 Garanta kecamatan Ujung Loe kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:41
Last Modified: 24 Nov 2023 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34766

Actions (login required)

View Item View Item