PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 183 GARANTA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

RIFRIANA BAIK (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 183 GARANTA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
cover.docx

Download (141kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN I.docx

Download (504kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (55kB)

Abstract

RIFRIANA BAIK, 2016. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi dibimbing oleh Drs. Lutfi B.M Kes, dan Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd. pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 183 Garanta kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba?. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II. Untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba berjumlah 27 orang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan dan guru kelas V. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Hasil penelitian untuk aktifitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan kurang. Sedangkan aktifitas mengajar guru pada siklus 2 menunjukkan bahwa guru dapat menerapkan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dengan maksimal sehingga dikategorikan baik. Hasil penelitian untuk hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus dikategorikan baik. Dengan demikian terjadi peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Maka dapat disimpulkan bahwa secara umum terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II pada pelaksanaan setiap siklus yaitu siklus I sampai siklus II adanya peningkatan proses mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan ktivitas belajar siswa dikategorikan cukup. Peningkatan proses mengajar guru pada siklus II dikategorikan baik dan aktivitas belajar siswa pada siklus II dikategorikan baik sedangkan hasil belajar dilihat dari nilai rata-rata tes pada siklus I dikatakan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:32
Last Modified: 24 Nov 2023 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34765

Actions (login required)

View Item View Item