PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC ( COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIASISWA KELAS III SD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

KASIH BARTO (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC ( COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIASISWA KELAS III SD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
DAFTAR ISI SKRIP BARA.docx

Download (105kB)
[img] Text
SKRIPSI ASLI DARI BAB 1,2,3,4,5.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP BARTO.docx

Download (13kB)

Abstract

KASIH BARTO. 2016. Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC untuk Meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri, S.Pd, M.Pd. dan Hikmawati Usman, S.Pd, M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe CIRC untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 14 Babana Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III sebagai observer serta seluruh siswa kelas III SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 38 siswa, yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran cooperative Learning tipe CIRC dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk mengolah data mengenai proses pembelajaran dan teknik analisis data statistik deskriptif untuk mengolah data mengenai hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian yaitu pada siklus I penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Circ berada pada kategori cukup dan rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yakni mencapai kategori baik dan rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia meningkat mencapai kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya di SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:42
Last Modified: 23 Nov 2023 07:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34745

Actions (login required)

View Item View Item