PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJARSISWA KELAS V SD NEGERI 12 BABANA KECAMATAN UJUNG LOEKABUPATEN BULUKUMBA

ABSALON E. NESAN (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJARSISWA KELAS V SD NEGERI 12 BABANA KECAMATAN UJUNG LOEKABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
KOVER DEPAN SKRIPSI.docx

Download (37kB)
[img] Text
HALAMAN SAMPUL.docx

Download (173kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (5MB)

Abstract

Absalon E. Nesan , 2016. Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd dan Hamzah Pagarra S.Kom., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Adapun rumusan masalahnya ialah bagaimanakah Penerapan Pedekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba?. Penelitian Ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba Melalui pedekata kontekstual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah satu orang guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Fokus penelitian ini adalah dari penerapan pendekatan kontekstual dan hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar matematika pada siklus I yang berada pada kategori cukup (C) dan meningkat di siklus II dengan kategori baik (B) dan hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam menerapkan pendekatan kontekstual di setiap siklus yakni pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan meningkat di siklus II dengan kategori baik (B) dan telah mencapai indikator keberhasilan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:31
Last Modified: 23 Nov 2023 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34742

Actions (login required)

View Item View Item