BESSE ARWINI PUSPITA SARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI BALANG BODDONG KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL AWAL.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (55kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
Lampiran 2-6 P.1 S.1.docx Download (92kB) |
|
Text
Lampiran 7-12 P.2 S.1.docx Download (83kB) |
|
Text
Lampiran.docx Download (23kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (39kB) |
Abstract
Besse Arwini Puspita Sari, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dalam Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Balang Boddong Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hamzah Pagarra, S.Kom.,M.Pd dan Khaerunnisa,S.Pd.I.,MA. Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Balang Boddong Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Balang Boddong Kota Makassar. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah jika model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match diterapkan dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar matematika siswa kelas V SD Balang Boddong Kota Makassar dapat meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dan peningkatan hasil belajar matematika. Setting penelitian bertempat di SD Negeri Balang Boddong Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru 1 orang dan siswa kelas V yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa sehingga berada pada kategori baik yang menyebabkan terjadinya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Balang Boddong Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 06:40 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 06:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34728 |
Actions (login required)
View Item |