PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD INPRES KAMPUNG BERU DESA TOMBOLO KECAMATAN GANTARANGKEKE KABUPATEN BANTAENG

KARTINI HAJAR (2023) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD INPRES KAMPUNG BERU DESA TOMBOLO KECAMATAN GANTARANGKEKE KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (87kB)
[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
15. Hasil tes Siklus I.docx

Download (15kB)
[img] Text
16. Hasil tes siklus II.docx

Download (13kB)
[img] Text
18. Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
19. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (73kB)

Abstract

Kartini Hajar. 2015. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas V SD Inpres Kampung Beru Desa Tombolo Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Dibimbing Oleh Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si Dan Dra. Hj. Kasmawati, M.Si. Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya Hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Inpres Kampung Beru Desa Tombolo Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng maka Rumusan masalah adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di kelas V SD Inpres Kampungberu Desa Tombolo Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng? Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan pendekatan CTL pada siswa di Kelas V SD Inpres Kampung beru desa Tombolo kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng.Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar Matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Kampung Beru dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 orang (laki-laki 11 orang dan perempuan 13 orang). Oleh karena penelitian ini berjenis PTK maka dilaksanakan dalam dua siklus dimana disetiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif.Hasil penelitian menujukkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Inpres Kampungberu meningkat,peningkatan hasil belajar di lihat pada meningkatnya nilai rata – rata kelas dari siklus I yang di kategorikan sedang ke siklus II dikategorikan baik pada setiap siklusnya.Hasil penelitian tersebut memberikan kesimpulan bahwa melalui Pendekatan CTL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Inpres Kampungberu Kabupaten Bantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:06
Last Modified: 22 Nov 2023 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34708

Actions (login required)

View Item View Item