PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD INPRES SOROBAYA KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA

SAHLIAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD INPRES SOROBAYA KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (671kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (86kB)
[img] Text
daftar nilai siklus I.docx

Download (24kB)
[img] Text
daftar nilai siklus 2.docx

Download (20kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

SAHLIAH. 2016. “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SD Inpres Sorobaya Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa.” Skripsi di bimbing Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si dan Dra.Nirmala,M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA di kelas V SD Inpres Sorobaya Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Inpres Sorobaya Kabupaten Gowa sebanyak 19 orang. hasil belajar IPA di kelas V SD Inpres Sorobaya Kcamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa dari 19 orang jumlah keseluruhan siswa hanya 9 orang yang tuntas, sehingga masih perlu dilakukan perbaikan karena nilai perolehan masih belum memenuhi standar KKM. Maka penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pelaksanaan siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I menunjukkan adanya peningkatan. Dari 19 orang siswa yang sudah tuntas sebanyak 17 orang. Pada pelaksanaan siklus II ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa untuk pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil belajar IPA di kelas V SD Inpres Sorobaya Kcamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:52
Last Modified: 22 Nov 2023 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34706

Actions (login required)

View Item View Item