MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KALUKU BODOA KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

ROSMINAH (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KALUKU BODOA KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
BAGIAN AWAL SKRIPSI ROSMINAH.docx

Download (32kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (374kB)

Abstract

ROSMINAH. 2015. Meningkatkan . hasil belajar tentang kemampuan membaca melalui penrapan model Pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas II SD Negeri Kaluku Bodoa Kecamatan Tallo Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Ayahanda Drs. Latri., S.Pd., M.Pd. dan Ibunda Dra. St. Nursiah. B.,M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan hasilbelajar tentang kemapuan membaca melalui penerapan pembelajaran model Talking Stick pada siswa kelas II SD Negaeri Kaluku Bodoa Kecamatan Tallo Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tentang kemampuan membaca melalui perapan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas II SD Negeri Kaluku Bodoa Kecamatan Tallo Kota Makassar.. Manfaat penelitian ini terdiri atas dua manfaat yaitu; manfaat teoritis dan manfaat praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan penelitian berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun fokus penelitian ini terbagi dua yaitu: fokus pada proses dan fokus pada hasil belajar siswa. Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Negeri Kaluku Bodoa Kecamatan Tallo Kota Makassar, dengan subjek penelitian 28 orang siswa, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian ini dirancang dengan 4 tahap tindakan (perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi). Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan proses belajar siswa siklus I yaitu berkategori cukup (C), dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori baik (B). Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa tidak terlepas dari kerjasama guru dan peneliti dalam menerapkan model pembelajaran Talking Stick dan peningkatan presentase aktifitas pembelajaran siswa yang aktif pada setiap pertemuan dan siklusnya. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar tentang kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri Kaluku Bodoa kecamatan Tallo Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:28
Last Modified: 21 Nov 2023 02:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34690

Actions (login required)

View Item View Item