PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES GALANGAN KAPAL III KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

EUIS YULIANTI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES GALANGAN KAPAL III KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
BAGIAN AWAL .docx

Download (36kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (121kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.docx

Download (146kB)

Abstract

EUIS YULIANTI. 2016. Penerapan Model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres galangan Kapal III, Kecamatan tallo Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Ayahanda Drs. Latri., S.Pd., M.Pd. dan Ibunda Dra. St. Nursiah. B.,M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini mengangkat masalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Galangan Kapal III Kecamatan Tallo kota Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Galangan Kapal III Kecamatan Tallo kota Makassar . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Galangan Kapal III Kecamatan Tallo kota Makassar tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi, analisis data dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Galangan Kapal III Kecamatan Tallo kota Makassar dengan nilai rata-rata hasil belajar IPA pada Siklus I masuk pada kategori sedang selanjutnya pada Siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa berada pada ketegori tinggi. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terjadi peningkatan secara signifikan dari kategori cukup pada siklus I meningkat menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan penelitian ini terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Galangan Kapal III Kecamatan Tallo kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:57
Last Modified: 21 Nov 2023 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34688

Actions (login required)

View Item View Item