PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGANKARANGAN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES TALAKAYYA KECAMATAN ULUEREKABUPATEN BANTAENG

NURLIA (2023) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGANKARANGAN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES TALAKAYYA KECAMATAN ULUEREKABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
Sampul Lia.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA lia.docx

Download (25kB)
[img] Text
Lampiran Lia.docx

Download (1MB)

Abstract

Nurlia 2016. Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan pada Siswa Kelas IV SD Inpres Talakayya Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng. Skripsi Dibimbing oleh Dra. Erma Suryani S, M.Si dan Farida Febriati, SS.,M.Si Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan pada Siswa Kelas IV SD Inpres Talakayya Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan melalui penggunaan media gambar seri pada siswa kelas IV SD Inpres Talakayya kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 17 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui tes menulis karangan dan observasi yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Teknik pengumpulan data melalui tes tertulis dan observasi hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri pada materi menulis karangan berhasil meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan berdasarkan teknik kategori standar yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional dengan skor rata-rata menulis karangan pada siklus I masuk pada kategori sedang dan pada siklus II masuk pada kategori tinggi. Aktivitas belajar siswa setelah menggunakan media gambar seri mengalami peningkatan , siswa dapat menginterpretasikan setiap gambar menjadi kerangka karangan, dan mengembangkan nya menjadi karangan yang utuh .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:51
Last Modified: 21 Nov 2023 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34687

Actions (login required)

View Item View Item