MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDI.PA’JOKKIKECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA

NURSALAM (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDI.PA’JOKKIKECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL TERBARU.docx

Download (121kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (95kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)

Abstract

Nursalam, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Mengunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Pada Pelajaran IPS Kelas IV SDI.Pa’jokki Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh. Dr. Latang, M. Pd dan Nurhaedah, S. Pd, M. Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe picture and picture pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDI Pa’jokki Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kualitatif yaitu untuk mendapatkan data hasil observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa, sedangkan pendekatan kuantitatif yaitu untuk mendapatkan hasil evaluasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran cooperative learning tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS siswa Kelas IV SDI. Pa’jokki Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Peningkatan ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata siswa sudah cukup pada siklus I, dan baik pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa baik pada siklus I dan amat baik pada siklus II. Selama kegiatan pembelajaran, berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran, skenario pembelajaran serta lembar observasi yang telah dibuat dan melakukan perbaikan-perbaikan dari siklus ke siklus yang dapat membantu siswa Kelas IV SDI Pa’jokki Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa dalam meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa terutama pada Mata Pelajaran IPS.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:44
Last Modified: 20 Nov 2023 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34681

Actions (login required)

View Item View Item