PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENTUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SD INPRES PAJOKKI KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA

HUSNAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENTUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SD INPRES PAJOKKI KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (176kB)
[img] Text
BAB I - V Lengkap.docx

Download (761kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
riwayat hidup -.docx

Download (41kB)

Abstract

HUSNAWATI, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games TournamentUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD Inpres Pajokki Kec. Bontonompo Selatan Kab. Gowa. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si dan Khaerunnisa, S.PdI., M.A. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Inpres Pajokki Kec.Bontonompo Selatan Kab.Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Team Games Tournamentuntuk meningkatkan hasil belajarIlmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Pajokki Kec. Bontonompo Selatan Kab. Gowa. Tujuan penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Pajokki Kab. Gowa.Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Pajokki Kab. Gowa.Setting penelitian yaitu di kelas IV SD Inpres Pajokki Kab.Gowa. Subjek penelitian ini adalah guru dan 10 orang siswa yang terdiri dari orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian dilaksanakan sebanyak dua kali siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklus.Data penelitian yaitu data aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Teknik Pengumpulan Data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif .Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Dapat dilihat dari setiap siklus, siklus I mencapai kategori cukup ( C ) sedangkan siklus II mencapai kategori Baik Sekali ( BS ). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres Pajokki Kab.Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:37
Last Modified: 20 Nov 2023 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34680

Actions (login required)

View Item View Item