PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

IRJELNITA SUMALONG (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (98kB)
[img] Text
skripsi.docx

Download (4MB)

Abstract

Irjelnita Sumalong. 2014. Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh: Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si. dan Widya Karmila Sari A, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan pendekatan Kontekstual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam bentuk siklus dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebanyak 19 orang siswa yang terdiri dari 9 orang perempuan dan 10 orang laki-laki pada tahun pelajaran 2013/2014 semester genap dengan mata pelajaran PKn. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi sedang analisis data digunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup sedangkan siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dari kategori baik pada siklus I menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:17
Last Modified: 16 Nov 2023 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34653

Actions (login required)

View Item View Item