NIKMAWATI SUL (2023) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD INPRES 5/81 WAEKECEE’E II KECAMATAN LAPPARIAJA KABUPATEN BONE.
Text
Halaman Sampul Kedua.docx Download (73kB) |
|
Text
skripsi ciimonk (Repaired).docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (36kB) |
Abstract
Nikmawati Sul. 2014. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Inpres 5/81 Waekecce’e II Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Amrah, S.Pd, M.Pd dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Inpres 5/81 Waekecce’e II Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan Pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Inpres 5/81 Waekecce’e II Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres 5/81 Waekecce’e II Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching & Learning dan hasil belajar siswa dengan subjek penelitian guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif menurut Mc. Targar, dimana hasil data kegiatan guru dan siswa selama pembelajaran diperoleh berdasarkan kemampuan guru dan siswa melaksanakan indikator yang direncanakan dari setiap tahapan pendekatan CTL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori Cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori Sangat Baik (SB), dan hasil observasi siswa pada siklus I berada pada kategori Cukup (C) dan pada silklus II berada pada kategori Sangat Baik (SB). Data hasil belajar siswa siklus I berada pada kategori cukup (C),dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik(SB). kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Inpres 5/81 Waekecce’e II kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 05:51 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 05:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34649 |
Actions (login required)
View Item |