PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD INPRES RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

JUMIRFIANA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD INPRES RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. sampul.docx

Download (37kB)
[img] Text
3. Hal depan.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (36kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (2MB)
[img] Text
LDAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (45kB)

Abstract

Jumirfiana. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M. Kes. dan Drs. Muh. Faisal, M. Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SD Inpres Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SD Inpres Rappocini. Manfaat penelitian ini meliputi manfaat teoretis dan manfaat praktis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitan ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini dilihat dari (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). (2) Hasil belajar matematika siswa. Setting penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV SD Inpres Rappocini Kota Makassar pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan seluruh siswa kelas IV SD Inpres Rappocini yang berjumlah 29 siswa. Rancangan tindakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Dan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil belajar matematika siswa pada siklus I berada pada kategori sedang sedangkan hasil belajar matematika siswa pada siklus II berada pada kategori sangat tinggi. Jadi disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:18
Last Modified: 16 Nov 2023 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34639

Actions (login required)

View Item View Item