PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 10/73 PALATTAE KECAMATAN KAHU KABUPATEN BONE

ANDI SULISTIANA AMIR (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 10/73 PALATTAE KECAMATAN KAHU KABUPATEN BONE.

[img] Text
1. Daftar2 Sulis Asli.docx

Download (65kB)
[img] Text
2. Bab I III Sulis.doc

Download (163kB)
[img] Spreadsheet
5. Hasil Belajar Sulis.xls

Download (91kB)

Abstract

ANDI SULISTIANA AMIR, 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SD Inpres 10/73 Palattae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Drs. H. Amir, M.Pd. dan Nurhaedah, S.Pd. M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengangkat masalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 10/73 Palattae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Rumusan masalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran ilmu pengetahuan alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Inpres 10/73 Palattae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD Inpres 10/73 Palattae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 10/73 Palattae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pelajaran IPA materi energi panas dan bunyi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 10/73 Palattae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone dengan skor rata-rata hasil belajar IPA pada Siklus I berada pada kategori sedang selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi ketegori tinggi. Disarankan kepada guru, kepala sekolah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPA dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan dalam melaksanakan pembelajaran IPA di sekolah dasar agar siswa dapat mengalami proses belajar yang lebih bermakna

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:47
Last Modified: 16 Nov 2023 02:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34635

Actions (login required)

View Item View Item