PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELELUI METODE INQUIRY PADA MURID KELAS IV SD NEGERI BARA-BARAYA II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

MARIANA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELELUI METODE INQUIRY PADA MURID KELAS IV SD NEGERI BARA-BARAYA II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
isi skripsi skarang.docx

Download (80kB)
[img] Text
ISI SKIPSIQ.docx

Download (126kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (5MB)

Abstract

Mariana , 2013, Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Inquiry Pada Murid Kelas IV SD Negeri Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Makkasau, M. Pd dan Dr. Wahira , M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) murid kelas IV SD Negeri Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA melalui metode inquiry pada murid kelas IV SD Negeri Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode inquiry pada murid kelas IV SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus dalam penelitian ini yaitu metode inquiry pada mata pelajaran IPA serta hasil belajar IPA. Subjek penelitian ini adalah guru dan murid yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, tes, dan dokumentasi, serta analisis data secara deskriptif. Hal ini dibuktikan dengan data yang diperoleh bahwa nilai rata-rata tes hasil belajar siklus I termasuk dalam kategori cukup dan telah meningkat menjadi kategori baik pada siklus II. Selain itu, terjadi pula perubahan pada aktivitas guru dalam mengajar dan aktivitas murid dalam belajar pada siklus I dikategorikan cukup, menjadi kategori baik pada siklus II. Ini dibuktikan murid telah aktif dan termotivasi untuk belajar IPA serta dominasi guru telah berkurang, dan lebih didominasi oleh murid dalam proses pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:53
Last Modified: 16 Nov 2023 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34630

Actions (login required)

View Item View Item