PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK-PAIRING-SHARE PADA MURID KELAS IVSD INPRES PA’BAENG-BAENG IKECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

RIZKY EKAWATI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK-PAIRING-SHARE PADA MURID KELAS IVSD INPRES PA’BAENG-BAENG IKECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL (ok).docx

Download (34kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN (ok).docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB I, II, III (ok).docx

Download (77kB)
[img] Text
LAMPIRAN I (ok).docx

Download (31kB)
[img] Text
LAMPIRAN II (ok).docx

Download (34kB)

Abstract

RIZKY EKAWATI, 2013. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairing-Share pada Murid Kelas IV SD Inpres Pa’baeng-baeng I Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si selaku pembimbing I dan Dr. Wahira, M.Pd selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia murid kelas IV SD Inpres Pa’baeng-baeng I Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “bagaimanakah peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pairing-Share pada murid Kelas IV SD Inpres Pa’baeng-baeng I Kecamatan Tamalate Kota Makassar?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pairing-Share pada murid kelas IV SD Inpres Pa’baeng-baeng I Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan murid kelas IV SD Inpres Pa’baeng-baeng I Kecamatan Tamalate Kota Makassar tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 34 orang murid yang terdiri dari 21 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Fokus dalam penelitian ini adalah penggunaan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pairing-Share dan hasil belajar murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dimana pada siklus I diperoleh nilai hasil belajar Bahasa Indonesia murid berada pada kategori cukup, pada siklus II diperoleh nilai hasil belajar Bahasa Indonesia murid sudah berada pada kategori baik dan kriteria ketuntasan minimal murid sudah tercapai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pairing-Share pada murid kelas IV SD Inpres Pa’baeng-baeng I Kecamatan Tamalate Kota Makassar meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:26
Last Modified: 15 Nov 2023 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34618

Actions (login required)

View Item View Item