PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MURID KELAS V SD NEGERI BONTOKAMASE KABUPATEN GOWA

RIEFDA ALFADILLAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MURID KELAS V SD NEGERI BONTOKAMASE KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Sampul.doc

Download (106kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (79kB)
[img] Text
HASIL PENELITIAN.docx

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (30kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITI13.docx

Download (1MB)

Abstract

RIEFDA ALFADILLAH. 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Murid Kelas V SD Negeri Bontokamase Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Nurhaedah, M.Si dan Drs. H. Muh. Nur Mustakim, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada murid kelas V V SD Negeri Bontokamase Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Students Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada murid kelas V SD Negeri Bontokamase. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA murid kelas V SD Negeri Bontokamase Kabupaten Gowa melalui penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar IPA murid kelas V SD Negeri Bontokamase. Subjek penelitian adalah murid kelas V sebanyak 26 murid dan I orang guru kelas. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang dalam bentuk 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari nilai hasil belajar IPA murid kelas V SD Negeri Bontokamase setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Maka kesimpulan pada penelitian ini adalah melalui penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar murid IPA pada murid kelas V SD Negeri Bontokamase Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:17
Last Modified: 15 Nov 2023 03:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34610

Actions (login required)

View Item View Item