PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KIRU-KIRU KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU

RAHMAT HIDAYAT (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KIRU-KIRU KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU.

[img] Text
Halaman Sampul utama rahmat .docx

Download (61kB)
[img] Text
siap print ujian tutup skripsi rahmat NHT koreksian 2.docx

Download (3MB)

Abstract

Rahmat Hidayat. 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas V SD Negeri Kiru-Kiru Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hasaruddin Hafid, M.Ed dan Hikmawati Usman, S.Pd,. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa memahami materi pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri Kiru-Kiru Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri Kiru-Kiru Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, aktivitas guru pada siklus I berada dalam kategori cukup sementara aktivitas siswa berada pada kategori cukup. Hal tersebut berdampak pada nilai rata-rata hasil belajar siswa yang berada pada kategori cukup. Sedangkan pelaksanaan siklus II, aktivitas guru berada dalam kategori sangat baik sementara aktivitas siswa juga berada pada kategori sangat baik. Hal tersebut berdapat pula pada peningkatan nilai hasil belajar siswa pada siklus II dan berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbereded Head Together (NHT) pada pembelajaran IPA terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas kelas V SD Negeri Kiru-Kiru Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:09
Last Modified: 15 Nov 2023 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34609

Actions (login required)

View Item View Item