PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MINASA UPA KOTA MAKASSAR

NURHASANAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MINASA UPA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
halaman sampul skripsi.docx

Download (38kB)
[img] Text
Pengesahan dan daftar isi.docx

Download (60kB)
[img] Text
isi.docx

Download (133kB)
[img] Text
Lampiran skripsi jadi.docx

Download (918kB)
[img] Text
rekap nilai.docx

Download (26MB)

Abstract

Nurhasanah. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Widya Karmila Sari Achmad, S, Pd., M. Pd., dan Ahmad Syawaluddin, S. Kom., M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL) pada siswa kelas V SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar melalui pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian yang dipilih yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 34 orang siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Fokus penelitian ini adalah memperhatikan penerapan langkah-langkah dari pendekatan CTL dengan metode Inquiry dan melihat proses dan hasil belajar matematika siswa setelah Pendekatan CTL ini diterapkan dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan, dan siklus II dilaksanakan 2 kali pertemuan yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dengan penerapan pendekatan CTL yang hasilnya menunjukkan belum tuntas, maka dilanjutka ke siklus II. Kemudian pada siklus II, pada saat guru telah mampu untuk melaksanakan setiap langkah dari pendekatan CTL dengan baik dan tidak ada lagi yang pelaksanaannya kurang, hasil belajar siswa meningkat dan berada pada kategori baik. Sehingga pada siklus II dikatakan berhasil dan tidak dilanjutkan ke siklus berikut. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dan aktivitas pembelajaran dengan penerapan pendekatan CTL dapat meningkat pada siswa kelas V SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 01:40
Last Modified: 15 Nov 2023 01:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34604

Actions (login required)

View Item View Item