PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI SURVEY QUESTION READINGRECITE REVIEW (SQ3R) PADA SISWA KELAS V SDN 75 BENTANG KABUPATEN TAKALAR

YUNIAR ANINGSYAH (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI SURVEY QUESTION READINGRECITE REVIEW (SQ3R) PADA SISWA KELAS V SDN 75 BENTANG KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (30kB)
[img] Text
sampul dll.docx

Download (47kB)
[img] Text
Bab I-V.docx

Download (85kB)
[img] Text
Lampiran all.docx

Download (915kB)

Abstract

Yuniar Aningsyah, 2013. Peningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Strategi Survey Question Reading Recite Review (SQ3R) pada Siswa Kelas V SDN 75 Bentang Kabupaten Takalar. Skripsi. dibimbing oleh Dra. Amrah, S.Pd, M.Pd dan Khairunnisa, S.Pdi, M.A selaku Pembimbing I dan II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah penerapan strategi SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 75 Bentang Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pada siswa kelas V SDN 75 Bentang Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah proses penerapan SQ3R pada kemampuan membaca siswa dan Kemapuan membaca pemahaman siswa dalam hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti tes membaca tingkat pemahaman disetiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas V SDN 75 Bentang Kabupaten Takalar yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui data kuantitatif dan kualitatif. Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 75 Bentang Kabupaten Takalar semakin meningkat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan dalam membaca cerita dari siklus I ke siklus II, baik guru maupun siswa melalui penerapan strategi Survey Question Reading Recite review (SQ3R). Pada siklus I berada pada kategori cukup, kemudian pada siklus II berada pada kategori baik. Jadi, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkan strategi Survey Question Reading Recite review (SQ3R) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada siswa kelas V SDN 75 Bentang Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:11
Last Modified: 14 Nov 2023 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34602

Actions (login required)

View Item View Item