PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IVSD NEGERI 41 TONRONG PEJJA KABUPATEN SOPPENG

MUTMAINNAH NUR (2023) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IVSD NEGERI 41 TONRONG PEJJA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
1 sampul dll.docx

Download (654kB)
[img] Text
2 SKRIPSI Mutmainnah Nur.docx

Download (162kB)
[img] Text
4 Lampiran dokumentasi.docx

Download (5MB)
[img] Text
3 Lampiran.docx

Download (5MB)
[img] Text
5 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Mutmainnah Nur. 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas SD Negeri 41 Tonrong Pejja Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Wahira, M. Pd dan Nurhaedah, S. Pd, M. Pd. Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan pendekatan kontekstual dengan masalah bagaimanakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 41 Tonrong Pejja Kabupaten Soppeng?. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SD Negeri 41 Tonrong Pejja Kabupaten Soppeng. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 41 Tonrong Pejja Kabupaten Soppeng. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV sebanyak 15 orang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang dalam bentuk siklus yakni siklus pertama jika pencapaian standar KKM belum berhasil maka dilanjutkan pada siklus kedua. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari hasil belajar siswa setiap siklus. Melalui pendekatan kontekstual, hasil belajar siswa pada siklus pertama belum berhasil mencapai KKM yaitu 65 dan karena model pembelajaran yang diterapkan guru belum dilaksanakan sesuai langkah-langkah pendekatan kontekstual dan siswa juga belum semuanya dapat menguasai tujuh aspek pendekatan kontekstual karena pendekatan kontekstual yang diterapkan guru terbilang baru diterapkan di dalam kelas IV, sedangkan pada siklus kedua hasil belajar siswa meningkat yaitu sudah melebihi KKM yaitu berada pada kategori sangat baik karena guru telah melaksanankan langkah-langkah sesuai dengan yang diharapkan dan siswa juga telah mengerti apa yang dilaksanakan/diharapkan oleh guru. Maka dapat disimpulkan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 41 Tonrong Pejja Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Nov 2023 06:38
Last Modified: 14 Nov 2023 06:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34599

Actions (login required)

View Item View Item