PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MURID KELAS V SDN SUDIRMAN III MAKASSAR

SUKMA HUTAMI NINGSIH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MURID KELAS V SDN SUDIRMAN III MAKASSAR.

[img] Text
HALAMAN DEPAN sukma.doc

Download (204kB)
[img] Text
daftar isi.docx

Download (16kB)
[img] Text
Proposal NHT.doc

Download (159kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (242kB)

Abstract

SUKMA HUTAMI NINGSIH 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) murid Kelas V SDN Sudirman III Makassar. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Amir, M. Pd dan Nurhaedah, S. Pd, M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah sikap murid yang kurang aktif dalam menerima pelajaran dan pembelajaran lebih banyak berpusat kepada guru (teacher oriented) bukan kepada murid (student oriented), yang menyebabkan rendahnya hasil belajar murid. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) murid kelas V SDN Sudirman III Makassar melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Pendekatan Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas dua siklus dan disesuaikan dengan materi yang sedang berjalan di sekolah. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Sudirman III Makassar dengan seorang guru dan murid sebanyak 26 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 14 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siklus I belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Belajar yang telah ditetapkan. Hal ini disebabkan karena hanya beberapa murid saja yang aktif dalam proses belajar, kurangnya partisipasi murid dalam mengerjakan tugas kelompok, guru mendominasi dan hanya beberapa murid saja yang berani untuk mengungkapkan gagasannya. Pada siklus II hasil belajar secara klasikal telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Belajar yang ditetapkan dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus 3. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas V SDN Sudirman III Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:19
Last Modified: 14 Nov 2023 02:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34584

Actions (login required)

View Item View Item