PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN PKnKELAS V SDN 4 CILELLANG UTARA KECAMATAN MALLUSETASI KABUPATEN BARRU

DEBY PRATIWI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN PKnKELAS V SDN 4 CILELLANG UTARA KECAMATAN MALLUSETASI KABUPATEN BARRU.

[img] Text
SAMPUL DAN LAMPIRAN AWAL oke.docx

Download (94kB)
[img] Text
BAB I DEBY.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II DEBY .docx

Download (39kB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (288kB)

Abstract

Deby Pratiwi 2013 “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN 4 Cilellang Utara Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru’’.Skripsi Dibimbing oleh Prof.Dr. H. Patta Bundu ,M.Ed dan Ahmad Syawaluddin,S.Kom,M.Pd Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN 4 Cilellang Utara Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Adapun rumusan masalah adalah apakah melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN 4 Cilellang Kabupaten Barru?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas V SDN 4 Cilellang Kabupaten Barru.Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini yaitu proses pembelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar murid. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah guru dan murid kelas V SDN 4 Cilellang Utara Kabupaten Barru, sebanyak 25 murid yang terdiri dari 13 murid perempuan dan 12 murid laki-laki pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriftif. Hasil belajar murid pada siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yakni berada pada kategori rendah dan pada siklus II hasil belajar murid telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yakni berada pada kategori tinggi. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya aktivitas guru dan murid yakni pada siklus I aktivitas guru kategori cukup dan murid kategori cukup.pada siklus II aktifitas guru meningkat dengan kategori baik dan murid dengan kategori baik. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran PKn dikelas V SDN 4 Cilellang Utara Kabupaten Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:58
Last Modified: 14 Nov 2023 01:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34583

Actions (login required)

View Item View Item