PENGARUH UKURAN SAMPEL TERHADAP HASIL PENYETARAAN TES UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP BERDASARKAN TEORI RESPON BUTIR

Nuralang, Nuralang (2016) PENGARUH UKURAN SAMPEL TERHADAP HASIL PENYETARAAN TES UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP BERDASARKAN TEORI RESPON BUTIR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel.docx

Download (274kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil penyetaraan tes berdasarkan perbedaan ukuran sampel dan untuk mengetahui prosedur mendapatkan penyetaraan tes berdasarkan equateIRT. Jenis penelitian ini adalah exploratif, yaitu akan mengungkap kesetaraan skor tes berdasarkan teori respons-butir. Dalam penelitian ini yang diungkap adalah pengaruh ukuran sampel terhadap hasil penyetaraan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah butir perangkat soal dan seluruh lembar jawaban peserta tes di Kabupaten Gowa. Jumlah subjek adalah 2600 siswa. Prosedur penyetaraan tes, tahap pertama pemilihan jenis penyetaraan yaitu penyetaraan horizontal, kedua pemilihan desain penyetaraan Common-Item Nonequivalent Group, ketiga dilanjutkan dengan estimasi parameter dengan menggunakan model 2PL dan keempat dilakukan proses penyetaraan dengan menggunakan equateIRT. Berdasarkan hasil penyetaraan tes antara paket 01 dan paket 02 (ukuran sampel 200, 400, dan 700 ) dengan program R equateIRT menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil penyetaraan tes antara ukuran sampel 200 dan 400 dimana paket soal dengan ukuran sampel 400 menghasilkan penyetaraan yang lebih akurat. Terdapat perbedaan hasil penyetaraan tes antara ukuran sampel 200 dan 700, dimana paket soal dengan ukuran sampel 700 menghasilkan penyetaraan yang lebih akurat. Terdapat perbedaan hasil penyetaraan antara ukuran sampel 400 dan 700, dimana paket soal ukuran sampel 700 menghasilkan penyetaraan yang lebih akurat. Hal ini menunjukkan bahwa ukran sampel 700 menghasilkan penyetaraan yang lebih akurat dibandingkan ukuran sampel 200 dan 400. Kata kunci : Teori Respon Butir, Penyetaraan Tes, Ukuran Sampel ABSTRACT This study aims to determine differences equivalency test results based on the differences in sample size based equateIRT. This type of research is explorative, with descriptive approach that will reveal the equality of test scores by-item response theory. This study would reveal the effect of sample size on the results of equivalency test. Subjects in this study is about the item and all the answer sheets of students of junior high school mathematics examination test results in Gowa. Subject total is 2600 student, with the number of men in 1167 and the number of women in 1433. Procedure of equivalency test, the first stage is the equating type selection of horizontal equating; the second is the design selection of equating Common-Item Nonequivalent Group; followed by the third parameter estimation using a model 2PL; and the fourth is equating process which is carried out by using equateIRT. Based on the results of equating between the package 01 and the package 02 with a sample size of 200, equating between the package 01 and the package 02 with a sample size of 400, and the equating of packages 01 and packages 02 with a sample size of 700; shows that equating coefficients α and β is generated by the package obout with a sample size of 700 α = 1, and β = 0. Theoretically standard errors generated by a package by the sample size 700 smaller than the package of a sample size of 200 and 400, this means that a package of the sample size 700 produces more accurate equating Keyword: Item Response Theory, Equating Test, Sample Size

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:53
Last Modified: 30 Oct 2017 04:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3457

Actions (login required)

View Item View Item