PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDHEADS TOGETHER (NHT) PADA MURID KELAS IV SDINPRES BTN IKIP II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

FATMAWATI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDHEADS TOGETHER (NHT) PADA MURID KELAS IV SDINPRES BTN IKIP II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (78kB)
[img] Text
BAB I acc.docx

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)

Abstract

FATMAWATI, 2012. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Murid Kelas IV SDI BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Amrah, S.Pd.,M.Pd dan Ahmad Syawaluddin,S.Kom.,M.Pd.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu: Rendahnya hasil belajar matematika murid kelas IV SDI BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada murid kelas IV SDI BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada murid kelas IV SDI BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan Jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru dan murid kelas IV SDI BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada murid kelas IV SDI BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan murid maupun hasil tes murid. Hasil itu dapat dilihat dari setiap siklus hasil observasi aktivitas guru dan murid serta hasil tes belajar murid mengalami peningkatan. Hasil observasi aktivitas guru dan murid pada siklus I masih berada pada kategori rendah, pada siklus II berada pada kategori sangat tinggi. Hasil tes siklus I nilai rata-rata belum mencapai KKM yang telah ditentukan dan masih berada pada kategori rendah, sedangkan pada hasil tes siklus II telah mencapai KKM yang ditentukan dan berada pada kategori sangat tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas IV SDI BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Nov 2023 01:53
Last Modified: 10 Nov 2023 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34558

Actions (login required)

View Item View Item