Zulaiha Ramadhan (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Murid Kelas V SDN No. 101 Pallengu Kabupaten Jeneponto.
Text
sampul skripsi.docx Download (17kB) |
|
Text
hal.judul.docx Download (22kB) |
|
Text
Persetujuan pembimbing.docx Download (65kB) |
|
Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (28kB) |
|
Text
motto.docx Download (18kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (22kB) |
|
Text
Daftar Isi.docx Download (27kB) |
|
Text
Daftar Gambar.docx Download (19kB) |
|
Text
Daftar tabel.docx Download (19kB) |
|
Text
Daftar Lampiran.docx Download (21kB) |
|
Text
ISI SKRIPSI.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (43kB) |
Abstract
Zulaiha Ramadhani, 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Murid Kelas V SDN No. 101 Pallengu Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Makkasau, M.Si dan Dra. Nurhaedah, M.Si, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar murid pada mata pelajaran matematika yang diperoleh masih rendah. Masalah penelitian ini dapat dirumuskan yaitu bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada murid kelas V SDN No. 101 Pallengu Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada murid kelas V SDN No. 101 Pallengu Kabupaten Jeneponto melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan hasil belajar matematika. Subjek penelitian adalah guru dan murid kelas V yang berjumlah 19 orang, terdiri dari 8 murid laki-laki dan 11 murid perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data hasil observasi aktivitas proses pembelajaran guru dan aktivitas belajar murid dalam mengikuti pelajaran matematika dianalisis secara kualitatif dan analisis data hasil tes belajar murid dilakukan dengan menggunakan tabel frekuensi dan persentase secara kuantitatif. Hasil yang diperoleh setelah diterapkan tindakan yaitu pada siklus I diperoleh tes hasil belajar matematika masih di bawah kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh pihak sekolah dan masih memerlukan banyak perbaikan dalam proses pembelajaran dan pada siklus II, diperoleh tes hasil belajar di atas dari kriteria ketuntasan minimum yang telah ditetapkan. Hal ini menujukkan adanya peningkatan hasil belajar berdasarkan hasil tes belajar matematika dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada murid kelas V di SDN No. 101 Pallengu Kabupaten Jeneponto.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 01:33 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 01:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34555 |
Actions (login required)
View Item |