PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MURID KELAS IV SDN 22 TONDONGKURA KECAMATAN TONDONG TALLASA KABUPATEN PANGKEP

FAUSIAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MURID KELAS IV SDN 22 TONDONGKURA KECAMATAN TONDONG TALLASA KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
sampul baru PROPOSAL PENELITIAN.docx

Download (23kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN.docx

Download (47kB)
[img] Text
isi skripsi.docx

Download (5MB)

Abstract

Fausiah, 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Murid Kelas IV SD Negeri 22Tondongkura Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Makkasau, M.Si. dan Dra. Nurhaedah, M.Si.; Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan di lapangan bahwa hasil belajar murid pada Mata Pelajaran IPS masih rendah. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS pada murid kelas IV SD Negeri 22 Tondongkura melalui model pembelajaran make a match? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningktan hasil belajar IPS pada murid kelas IV SD Negeri 22 Tondongkura melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru dan murid kelas IV SD Negeri 22 Tondongkura yang berjumlah 26 murid. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan/observasi; dan (4) refleksi. Fokus dalam penelitian ini terdiri dari faktor murid yaitu dengan melihat apakah tingkat pemahaman murid terhadap materi berada dalam kategori yang diharapkan dan faktor guru yaitu dengan memperhatikan bagaimana persiapan materi dan kesesuaian metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS pada murid kelas IV SD Negeri 22 Tondongkura setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas belajar murid dan aktivitas mengajar guru mengalami perkembangan setiap siklus, selain itu dari hasil tes formatif pada pada siklus I belum tuntas megalami peningkatan di siklus II dan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan keterampilan guru, murid, dan berimplikasi tehadap hasil belajar murid.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:32
Last Modified: 06 Nov 2023 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34537

Actions (login required)

View Item View Item