PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI 35 TAJUNCU KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG

RISMAWATI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI 35 TAJUNCU KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
Sampul.docx

Download (65kB)
[img] Text
Doc1.docx

Download (84kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (1MB)

Abstract

RISMAWATI, 2012, Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen di Kelas V SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muh. Faisal, M.Pd. dan Dra. Hj. Marsuha S.,S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas V SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Hasil itu dapat dilihat dari setiap siklus hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil tes belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I masih berada pada kategori kurang, pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil tes siklus I nilai rata-rata belum memenuhi KKM yang telah ditentukan dan masih berada pada kategori kurang, sedangkan pada hasil tes siklus II telah memenuhi KKM yang ditentukan dan berada pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:01
Last Modified: 26 Oct 2023 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34461

Actions (login required)

View Item View Item