PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM SOLVING) PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNG SARI IKOTA MAKASSAR

MELSIANA LUDEN (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM SOLVING) PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNG SARI IKOTA MAKASSAR.

[img] Text
HALAMAN judul.docx

Download (49kB)
[img] Text
SKRIPSI_KU.docx

Download (14MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULI1.docx

Download (147kB)

Abstract

Melsiana, 2012, Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas V SDN GunungSari I Kota Makassar. Skripsi.Dibimbing oleh Drs. Lutfi B.,M.Kes dan Dra.Hj.Djohara Nonci’, M.Si.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini mengkaji rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Gunung Sari I Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem solving) dan hasil belajar IPA. Penelitian ini dilakukan di SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar Jalan Monumen EmmySaelan No. 17. Subjek penelitian ini adalah guru dan semua siswa kelas V SDN Gunung Sari I Kota Makassar, sebanyak 25 orang yang terdiri dari 17 oarang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA melalui model berbasis masalah (problem solving) pada siswa kelas V meningkat dengan skor rata-rata hasil belajar IPA pada siklus I belum tuntas dan siklus II tuntas. Aktivitas belajar mengajar siswa dan guru setelah menerapkan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem solving) mengalami peningkatan. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem solving) pada siswa kelas V SDN Gunung Sari I Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:49
Last Modified: 26 Oct 2023 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34459

Actions (login required)

View Item View Item