Rezki Apriyanti (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PAIKEM (PEMBELAJARAN, AKTIF, INOVATIF KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN ) PADA SISWA KELAS VSD.INPRES BERTINGKAT MAMAJANG III KOTA MAKASSAR.
Text
DEPAN SKRIPSI.docx Download (55kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (37kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
Abstract
Rezki Apriyanti. 2011. ”Peningkatan Hasil belajar IPA Melalui Penerapan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) Pada Siswa SD.Inpres Bertingkat Mamajang III Kota Makassar”. Skripsi ini Dibimbing oleh Dra. Nurhaedah M.Si, dan Dr. Hasaruddin Hafid M.Ed Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah baagaimanakah penerapan pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD.Inpres Bertingkat Mamajang III Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan PAIKEM pada siswa kelas V SD.Inpres Bertingkat Mamajang III Kota Makassar. Subjek Penelitian ini adalag guru dan siswa kelas V SD.Inpres Bertingkat Mamajang III Kota Makassar yang terdiri dari 15 Laki-laki dan 15 Perempuan.Pendekatan Penelitian yang di gunakan adalah PAIKEM (Pembelajaran,Aktif,Inovatif,Kreatif,Efektif,danMenyenangkan)Jenis Penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tekhnik pengumpulan datanya yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yaitu di analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I hasil belajar IPA siswa kelas V SD.Inpres Beringkat Mamajang III Kota Makassar berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II meningkat hasil belajar IPA siswa kelas V SD.Inpres Bertingkat Mamajang III Kota Makassar menjadi kategori baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar IPA khususnya pada materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD.Inpres Bertingkat Mamajang III Kota Makassar dan hasil ini dapat tercapai karena adanya kerjasama peneliti sebagai observer dan perancang sedangkan guru sebagai pelaksana
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 02:10 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 02:10 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34449 |
Actions (login required)
View Item |