Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Murid Kelas IV SDN Gunung Sari 2 Makassar

Syamsuryani Eka Putri A (2023) Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Murid Kelas IV SDN Gunung Sari 2 Makassar.

[img] Text
DAFTAR ISI NINI.docx

Download (66kB)
[img] Text
SKRIPSI NINI.docx

Download (1MB)
[img] Text
SOAL SIKLUS I.docx

Download (12kB)

Abstract

Syamsuryani Eka Putri A. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Murid Kelas IV SDN Gunung Sari 2 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd., dan Nurhaedah S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada murid kelas IV SDN Gunung Sari 2 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas IV SDN Gunung Sari 2 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada murid kelas IV SDN Gunung Sari 2 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan hasil belajar murid. Subjek penelitian adalah guru dan murid kelas IV SDN Gunung Sari 2 Makassar, dengan jumlah 1 orang yang bertindak sebagai guru dan 38 murid yang terdiri dari 17 murid laki-laki dan 21 murid perempuan. Data aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar murid dikumpulkan melalui lembar observasi dan hasil belajar murid dikumpulkan melalui tes. Selanjutnya data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Pada tes awal dan hasil tes siklus pertama, hasil belajar murid pada kategori cukup, dan belum mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan. Kemudian pada siklus kedua menjadi kategori baik, dan mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan. Peningkatan hasil belajar murid dalam mata pelajaran matematika melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw didukung oleh peningkatan keaktifan murid mengikuti pelajaran, berupa: keaktifan menyimak materi pelajaran, keaktifan bekerjasama pada kelompok awal dan kelompok ahli, mempesentasekan hasil kerja kelompok, dan menyimpulkan materi pelajaran matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas IV SDN Gunung Sari 2 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Oct 2023 05:47
Last Modified: 24 Oct 2023 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34441

Actions (login required)

View Item View Item