PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MARADEKAYA 2 KOTA MAKASSAR

MILA ASTUTI. RAIS (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MARADEKAYA 2 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (23kB)
[img] Text
SAMPUL skripsi mila.docx

Download (52kB)
[img] Text
bab 1-5.docx

Download (81kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (1MB)

Abstract

Mila Astuti Rais. 2011. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Maradekaya 2 kota Makassar, Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Nurhaedah, M.Si dan Dr. Hasaruddin Hafid M.Ed, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan hasil belajar IPA melalui metode inkuiri pada siswa kelas IV SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui metode inkuiri pada siswa kelas IV SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar. Fokus Penelitiannya yaitu metode inkuiri dan hasil belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa kelas IV SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar sebanyak 33 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi serta dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar dengan nilai rata-rata hasil belajar IPA pada Siklus I masuk pada kategori rendah dan pada Siklus II meningkat yaitu berada pada ketegori tinggi. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Oct 2023 05:39
Last Modified: 24 Oct 2023 05:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34440

Actions (login required)

View Item View Item