Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Sitti Aminah Ningsih (2023) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

[img] Text
awal.docx

Download (91kB)
[img] Text
bab 1-3.docx

Download (231kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (2MB)

Abstract

Sitti Aminah Ningsih, 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Drs. H. Muh. Nur Mustakim, M. Pd, dan Dra. Amrah, S.Pd., M. Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah Apakah Model pembelajaran KooperatifTipe STAD dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kecamatan Tamalate Kota Makassar?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yaitu tindakan yang berdaur ulang/siklus. Rancangan tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini difokuskan pada beberapa faktor yaitu faktor siswa, guru, dan penerapan Model pembelajaran Kooperatiftipe STAD. Subjek penelitian adalah kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kecamatan Tamalate Kota Makassar sebanyak 33 orang, yang terdiri dari laki-laki 17 orang, perempuan 16 orang. Data penelitian ini adalah data hasil belajar dan aktivitas guru serta siswa dalam proses pembelajaran. Data diperoleh melalui pengamatan, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al- Hidayah dengan ketutasan hasil belajar IPA pada Siklus I masuk pada kategori cukup dan pada Siklus II meningkat yaitu berada pada ketegori sangat baik. Hasil aktifitas guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik sedangkan hasil aktifitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Kesimpulan adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al- Hidayah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:01
Last Modified: 23 Oct 2023 02:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34428

Actions (login required)

View Item View Item