PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG ALAT PENCERNAAN MANUSIA MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS V SDN 056 LIMBA KABUPATEN MAMASA

D A R I U S (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG ALAT PENCERNAAN MANUSIA MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS V SDN 056 LIMBA KABUPATEN MAMASA.

[img] Text
sampul.docx

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (16kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (104kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (105kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (877kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (129kB)

Abstract

DARIUS 2012 Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Alat Pencernaan Manusia Melalui Penerapan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas V SDN 056 Limba Kabupaten Mamasa. Skripsi ini dibimbing oleh Drs. Andi Makksau, M.Si dan Dra. Hj. Syamsiah D.S.Pd,M.Pd pada Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA di SDN 056 Limba Kabupaten Mamasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA di SDN 056 Limba Kabupaten Mamasa.. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN056 Limba Kabupaten Mamasa. Data penelitian ini merupakan data aktivitas guru dan murid serta hasil belajar murid pada materi IPA tentang alat pencernaan manusia. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan obervasi/pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil tes siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I hasil belajar murid lima puluh sembilan persen kategori cukup dan pada siklus II hasil belajar murid telah mencapai KKM yang telah ditentukan dengan nilai seratus persen kategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA melalui penerapan metode inkuiri pada murid kelas V SDN 056 Limba Kabupaten Mamasa dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Oct 2023 00:47
Last Modified: 23 Oct 2023 00:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34421

Actions (login required)

View Item View Item