PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SD INPRES KASSIKASSI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

MUTMAINNA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SD INPRES KASSIKASSI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul depan skripsi inna.docx

Download (26kB)
[img] Text
Halama kecil.docx

Download (107kB)
[img] Text
TGTselesai Hasil.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR SARAN.docx

Download (36kB)

Abstract

Mutmainna. 2012. Peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif teknik Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi 1 Kec. Rappocini Kota Makassar. Skripsi di bimbing oleh Drs. Andi Makkasau, M. Si dan Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd.M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini yaitu: Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa di kelas IV SD Inpres Kassi-kassi I Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif teknik Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi 1 Kec. Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi 1 Kec. Rappocini Kota Makassar, dengan jumlah sebanyak 24 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Fokus penelitian terdiri dari dua aspek yaitu: menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Teams Games Tournament dan hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Teams Games Tournament .Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi 1 Kec. Rappocini Kota Makassar. Hal tersebut ditandai dengan adanya peningkatan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa, sehinggah nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:18
Last Modified: 20 Oct 2023 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34409

Actions (login required)

View Item View Item