PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) PADA MURID KELAS V SD INPRES BTN IKIP I MAKASSAR

MUSTAMING (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) PADA MURID KELAS V SD INPRES BTN IKIP I MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (79kB)
[img] Text
isi SKRIPSI.docx

Download (919kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (13kB)

Abstract

Mustaming. 2012. Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) pada Murid Kelas V SD Inpres BTN IKIP I Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Amir, M. Pd dan Dra. Nurhaedah, M.Si pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif.. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan murid kelas V SD Inpres BTN IKIP I Makassar, sebanyak 38 orang murid yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 21 orang perempuan pada tahun pelajaran 2010/2011. Fokus penelitian adalah peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Untuk melihat aktivitas mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan bagi siswa yaitu untuk melihat hasil belajar matematika setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu tekhnik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar matematika murid kelas V berada dalam kategori sedang, sedangkan pada siklus dua hasil belajar matematika meningkat berada dalam kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas V SD Inpres BTN IKIP I Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:08
Last Modified: 20 Oct 2023 03:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34407

Actions (login required)

View Item View Item