PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SUDIRMAN III MAKASSAR KECAMATAN UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR

WAHYU (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SUDIRMAN III MAKASSAR KECAMATAN UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul-ku.docx

Download (76kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (71kB)
[img] Text
Foto.docx

Download (1MB)
[img] Text
NILAI 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
NILAI 2.docx

Download (28kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Wahyu 2014. Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode role playing pada siswa kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hasaruddin Hafid, M.Ed dan Hikmawati Usman, S.Pd. M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS di kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS melalui metode role playing pada siswa kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran (kegiatan guru dan kegiatan siswa) dan meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode role playing pada siswa kelas V SD Negeri Sudirman III Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode role playing, 2) Hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 38 siswa kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil penelitian bahwa: Pada siklus I proses mengajar guru dan belajar siswa berada pada kategori cukup dan hasil belajar IPS siswa berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II proses mengajar guru dan belajar siswa berada pada kategori baik dan serta hasil belajar IPS siswa berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian hasil hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui metode role playing pada siswa kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:15
Last Modified: 20 Oct 2023 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34402

Actions (login required)

View Item View Item