Penerapan Media Audio Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Pada Siswa Kelas IV SDN 36 Tonasa Parappa Kabupaten Takalar

AMRIANI (2023) Penerapan Media Audio Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Pada Siswa Kelas IV SDN 36 Tonasa Parappa Kabupaten Takalar.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (42kB)
[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (37kB)
[img] Text
motto dan peruntukkan.docx

Download (12kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi.docx

Download (15kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
prakata.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (14kB)
[img] Text
daftar tabel.docx

Download (12kB)
[img] Text
lanjutan daftar isi.docx

Download (14kB)
[img] Text
bab 1 baru.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II revisi terbaru.docx

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
lampiran 2 LKM.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 3 tes akhir.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 4 prtmuan 2.docx

Download (38kB)

Abstract

AMRIANI , 2014, Penerapan Media Audio Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Pada Siswa Kelas IV SDN 36 Tonasa Parappa Kabupaten Takalar, Skripsi dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M.Kes dan Andi Dewi Riang Tati S,Pd M.Pd Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang terjadi di SDN 36 Tonasa Parappa Kabupaten Takalar yang menunjukkan bahwa siswa kelas IV memiliki kemampuan menyimak cerita sangat rendah. Oleh karena itu, Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar Bahasa Indonesia (menyimak cerita) sebelum dan setelah menerapkan Media Audio? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 36 Tonasa Parappa sebelum dan sesudah menerapkan Media Audio. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtitatif degan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan, dengan prosedur kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes hasil belajar, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hal tersebut dapat dilihat dari:1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 36 Tonasa Parappa Kabupaten Takalar sebelum diterapkan Media Audio berada dalam kategori tidak tuntas. 2) Kemampuan menyimak cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 36 Tonasa Parappa Kabupaten Takalarsetelah penggunaan Media Audio Visual berada dalam kategori tuntas. 3) Ada peningkatan kemampuan menyimak cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 36 Tonasa Parappa Kabupten Takalar melalui penggunaan Media Audio berarti penggunaan Media Audio dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas IV SDN 36 Tonasa Parappa Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:35
Last Modified: 20 Oct 2023 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34398

Actions (login required)

View Item View Item