PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 83 PANGI-PANGI KECAMATAN RILAU ALE KABUPATEN BULUKUMBA

H A S B A H (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 83 PANGI-PANGI KECAMATAN RILAU ALE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
Hal. Judul,sampul dll.docx

Download (122kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (4MB)
[img] Text
14. REKAPITULASI HASIL OBSERVASI GURU.docx

Download (25kB)
[img] Text
15. REKAPITULASI HASIL OBSERVASI SISWA.docx

Download (26kB)
[img] Text
16. REKAPITULASI HASIL BELAJAR SISWA.docx

Download (34kB)

Abstract

Hasbah, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 83 Pangi-Pangi Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D,S.Pd, M.Pd dan Hikmawati Usman, SPd. MPd; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 83 Pangi-Pangi Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa Kelas IV SDN 83 Pangi-Pangi Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksansakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share oleh guru dan hasil belajar. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 83 Pangi-Pangi Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba, sebanyak 31 orang, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik data kualitatif deskriptif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan yakni berada pada ketegori baik (B), kemudian aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yakni berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 83 Pangi-Pangi Kecamatan Rilau Ale Kabupaten bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:54
Last Modified: 19 Oct 2023 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34389

Actions (login required)

View Item View Item