PITRIANI. (2023) PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 1V SDN NO 172 INPRES HOMEBASE KECAMATAN POLONGBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR.
Text
Sampul Penelitian.docx Download (34kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN skripsiq.docx Download (14kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (12kB) |
|
Text
ABSTAK skipsiq.docx Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL SKRIPSI.docx Download (15kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (40kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (15kB) |
|
Text
DATA NILAI MURID SIKLUS I DAN SIKLUS II.docx Download (17kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (47kB) |
Abstract
PITRIANI. 2014. Penerapan metode Quantum Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN NO.172 Inpres Homebase Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. dan Hikmawati Usman, S.Pd,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah penerapan metode Quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN No. 172 Inpres Homebase Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode Quantum learning dalam meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN No. 172 Inpres Homebase Kabupaten Takalar. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV sebanyak 22 orang terdiri atas 9 laki-laki dan 13 orang perempuan dan satu orang guru. Data dikumpulkan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Quantum Learning meningkatkan aktivitas guru dan belajar siswa dalam pembelajaraan. Peningkatan dapat dilihat pada tiap siklus, yaitu pada siklus I proses pembelajaran guru berada pada kategori cukup dan belajar siswa berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II proses pembelajaran guru berada pada kategori baik dan belajar siswa berada pada kategori baik diikuti dengan meningkatnya hasil belajar IPS siswa pada Siklus I kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi Kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN No. 172 Inpres Homebase Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 02:30 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 02:30 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34387 |
Actions (login required)
View Item |