PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 1V SDN NO 172 INPRES HOMEBASE KECAMATAN POLONGBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR

PITRIANI. (2023) PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 1V SDN NO 172 INPRES HOMEBASE KECAMATAN POLONGBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
Sampul Penelitian.docx

Download (34kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN skripsiq.docx

Download (14kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (12kB)
[img] Text
ABSTAK skipsiq.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (40kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (15kB)
[img] Text
DATA NILAI MURID SIKLUS I DAN SIKLUS II.docx

Download (17kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (47kB)

Abstract

PITRIANI. 2014. Penerapan metode Quantum Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN NO.172 Inpres Homebase Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. dan Hikmawati Usman, S.Pd,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah penerapan metode Quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN No. 172 Inpres Homebase Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode Quantum learning dalam meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN No. 172 Inpres Homebase Kabupaten Takalar. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV sebanyak 22 orang terdiri atas 9 laki-laki dan 13 orang perempuan dan satu orang guru. Data dikumpulkan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Quantum Learning meningkatkan aktivitas guru dan belajar siswa dalam pembelajaraan. Peningkatan dapat dilihat pada tiap siklus, yaitu pada siklus I proses pembelajaran guru berada pada kategori cukup dan belajar siswa berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II proses pembelajaran guru berada pada kategori baik dan belajar siswa berada pada kategori baik diikuti dengan meningkatnya hasil belajar IPS siswa pada Siklus I kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi Kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN No. 172 Inpres Homebase Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:30
Last Modified: 19 Oct 2023 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34387

Actions (login required)

View Item View Item