PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEMPADA SISWA KELAS IV SDN NO.66 KAJANGKECAMATAN MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR

Rahmi Nur Alam (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEMPADA SISWA KELAS IV SDN NO.66 KAJANGKECAMATAN MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (24kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (29kB)
[img] Text
ISI PROPOSAL RAHMI BARU.docx

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
HASIL OBSERVASI BELAJAR SISWA SIKLUS 1.doc

Download (59kB)
[img] Text
HASIL OBSERVASI BELAJAR SISWA SIKLUS 2.doc

Download (57kB)
[img] Text
Rekapitulasi Hasil Observasi Guru Siklus I dan Siklus II.doc

Download (39kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Rahmi Nur Alam. 2014. Peningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Pendekatan Open Ended Problem pada Siswa Kelas IV SDN No.66 Kajang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuddin., M.Si dan Dra. St. Nursiah B., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Penerapan Pendekatan Open Ended Problem dengan rumusan masalah, Bagaimanakah Penerapan Pendekatan Open Ended Problem dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN No.66 Kajang kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar? Tujuan penelitian yaitu untuk memaparkan penerapan pendekatan Open Ended Problem dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN No.66 Kajang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 Siklus dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yakni 1) Pendekatan Open Ended Problem dalam pembelajaran matematika tujuannya tiada lain adalah agar kemampuan berpikir matematika siswa dapat berkembang secara maksimal dan pada saat yang sama kegiatan-kegiatan kreatif dari setiap siswa terkomunikasi melalui proses belajar mengajar. 2) Hasil Belajar yang dicapai oleh seorang siswa setelah mempelajari bidang studi matematika ditandai dengan penguasaan dan keterampilan. Setting penelitian bertempat di SDN No. 66 Kajang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar dengan subyek penelitian yang terdiri dari 1 orang guru kelas IV dan siswa kelas IV sebanyak 25 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Tehnik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru Siklus I masuk kategori cukup dan Siklus II masuk kategori baik sekali sedangkan aktivitas belajar siswa siklus I masuk kategori kurang dan siklus II masuk ketegori baik sekali. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari kategori kurang pada siklus I menjadi kategori baik sekali pada siklus II. Dengan demikian penerapan pendekatan Open Ended Problem dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV di SDN No. 66 Kajang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:16
Last Modified: 19 Oct 2023 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34386

Actions (login required)

View Item View Item