PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN222 BATU MERAH KECAMATAN MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR

PUSPITA SARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN222 BATU MERAH KECAMATAN MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR.

[img] Text
sampul.docx

Download (40kB)
[img] Text
awal.doc

Download (144kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (670kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (15kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN ETA.docx

Download (13kB)
[img] Text
bab 1-3.docx

Download (74kB)

Abstract

Puspita Sari. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 222 Batu Merah Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. ETA dibimbing oleh Drs. Lutfi B.,M.Kes sebagai pembimbing I dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah,M.Pd sebagai pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan hasil belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas V SDN 222 Batu Merah Kabupaten Luwu Timur. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 222 Batu Merah Kabupaten Luwu Timur. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 222 Batu Merah Kabupaten Luwu Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 222 Batu Merah Kabupaten Luwu Timur yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi serta analisis data yaitu menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Fokus penelitain adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan Hasil Belajar IPA. Hasil aktifitas guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik sedangkan hasil aktifitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hasil belajar pada Siklus I masuk pada kategori cukup dan pada Siklus II meningkat yaitu berada pada ketegori baik. Kesimpulan adalah melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada kelas V SDN 222 Batu Merah Kabupaten Luwu Timur.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:49
Last Modified: 19 Oct 2023 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34382

Actions (login required)

View Item View Item