PENERAPAN METODE KELOMPOK INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN PKN KELAS V SDN 85 CACALEPPENG KECAMATAN LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG

Musra (2023) PENERAPAN METODE KELOMPOK INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN PKN KELAS V SDN 85 CACALEPPENG KECAMATAN LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
Sampul e-TA.docx

Download (88kB)
[img] Text
Motto.docx

Download (20kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (21kB)
[img] Text
Prakata.docx

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Tabel, dll..docx

Download (23kB)
[img] Text
Skripsi Musra.docx

Download (80kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (107kB)

Abstract

Musra, 2014. Penerapan Metode Kelompok Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN 85 Cacaleppeng Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Skripsi dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M.Kes dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan hasil belajar siswa melalui Penerapan Metode Kelompok Interaktif pada Mata Pelajaran PKn kelas V SDN 85 Cacaleppeng Kabupaten Soppeng. Rumusan Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Metode Kelompok Interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN 85 Cacaleppeng Kabupaten Soppeng. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode kelompok interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN 85 Cacaleppeng Kabupaten Soppeng. Manfaat penelitian ini terbagi dua yaitu manfaat teoretis dan manfaat praktis. Secara teoretis yaitu dapat dijadikan dasar dan acuan penelitian dan juga dapat dijadikan referensi atau sumbangan yang bernilai positif dalam rangka memberi perbaikan pembelajaran atau informasi yang berguna khususnya di SD. Secara praktis guru dan peneliti, melakukan perbaikan peningkatan dan perubahan kearah yang lebih baik serta menjadi guru kreatif dan inovatif dalam proses PBM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan penelitian ini difokuskan pada dua aspek yaitu penerapan metode kelompok interaktif dan hasil belajar siswa. Subjek penelitan ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 85 Cacaleppeng Kabupaten Soppeng yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil observasi tindakan siklus I dan siklus II diamati selama proses pelaksanaan tindakan dan setelah tindakan. Fokus pengamatan adalah tindakan guru dan siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dari penggunaan metode kelompok interaktif menunjukkan bahwa ada peningkatan yang berarti baik pada aktivitas guru maupun siswa pada saat proses belajar maupun hasil belajar. Pada setiap siklus yang dilaksanakan hasil yang diperoleh mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Pelaksanaan siklus satu belum mencapai ketuntasan maksimal (kualifikasi rendah) dan pada siklus dua sudah mengalami peningkatan (kualifikasi baik). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kelompok interaktif dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 85 Cacaleppeng Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:32
Last Modified: 18 Oct 2023 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34367

Actions (login required)

View Item View Item